40 Remaja Usia Produktif Pencari Kerja Di Kecamatan Bojonggenteng, Ikuti Pelatihan Otomotif -->

Adsense




40 Remaja Usia Produktif Pencari Kerja Di Kecamatan Bojonggenteng, Ikuti Pelatihan Otomotif

87 Online News
Jumat, 02 Desember 2016

Sukabumi- Sebanyak 40 remaja usia produktif pencari kerja mengikuti kegiatan pelatihan Otomotif dan Perbengkelan yang diselenggarakan P3K Kecamatan Bojonggenteng. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 01 s/d 02 Desember  2016 hari Kamis Dan Jumat, bertempat  di halaman Kantor Desa Bojonggenteng, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi.

Pantauan 87 dilokasi, pada pelatihan Teknik Perbengkelan/otomotif ini metode yang digunakan adalah metode belajar teori dan praktek dengan komposisi 25 % teori dan 75 % praktek.

Kasi PMD Kecamatan Bojonggenteng, Ening Lasminingsih mengatakan, saat ini mereka diberikan pelatihan dasar teknik otomotif. "ya" minimal para peserta bisa menguasai teknik servis ringan dulu, tujuannya biar mereka punya keterampilan khusus. Dengan wadah melalui pelatihan otomotif diharapkan bisa menekan angka pengangguran, tuturnya."

Menurut Ening, Industri mesin  khususnya  perbengkelan merupakan salah satu sektor yang menunjang atas kemajuan industri kecil dan menengah .  Hal ini terbukti dangan banyaknya bengkel-bengkel yang hampir merata di setiap Kecamatan bahkan sampai ke pedesaan. Ini juga dikarenakan makin meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap jasa perbengkelan, ungkapnya.

Ening menambahkan, melalui pelatihan otomotif ini  peserta nantinya tidak lagi kesulitan mencari kerja karena sudah dibekali keterampilan. Saya berharap, seharusnya pelatihan-pelatihan seperti ini lebih ditingkatkan lagi agar masyarakat dibawah bisa merasakan manfaat dari adanya kegiatan tersebut. Kalau dari pemerintah kecamatan anggarannya terbatas alangkah lebih baik jika ada program berkelanjutan dari pemerintah desanya sendiri, imbuhnya.

Herman (22) warga Desa Cipanengah Kecamatan Bojonggenteng salah satu peserta pelatihan mengaku, merasa terbantu dengan adanya program latihan otomotif yang diselenggarakan P3K Kecamatan Bojonggenteng. Ia berharap selepas mengikuti latihan ini berbekal ilmu dasar perbengkelan akan lebih memudahkan peluang mencari kerja. Saya sih punya keinginan kerja dibengkel, pungkasnya.

Reporter : Dede R