40 Pasang Pengantin Di Kecamatan Kalapanunggal Ikuti Sidang Isbat -->

Adsense




40 Pasang Pengantin Di Kecamatan Kalapanunggal Ikuti Sidang Isbat

87 Online News
Sabtu, 03 Desember 2016

Sukabumi- Sebanyak 40 pasangan pengantin mengikuti sidang isbat nikah yang diadakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi bekerjasama dengan pengadilan Agama, bertempat di gedung olah raga Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi, Senin (28/11/16).

Kasi Pencatatan Peristiwa Penting pada Disdukcapil Kabupaten Sukabumi, Dadam  Hatomi meyebutkan sidang isbat nikah ini  dilakukan untuk merealisasikan Permen 9 tahun 2011 tentang percepatan pencatatan akta kelahiran."Para warga tidak dipungut biaya, ini merupakan bentuk kepedulian kami kepada masyarakat dalam mewujudkan sikap yang tertib akan hukum," ujar Dadam.

Menurut Dadam, bahwa isbat nikah ini sejatinya bukanlah sekedar proses administrasi saja, tetapi juga sebagai bentuk pembangunan peradaban, karena peradaban bangsa harus dibangun dari ketahanan keluarga. Adanya akta nikah ini, maka nantinya tiap anak hasil nikah siri juga akan mendapatkan akta kelahiran, sehingga status anak tersebut akan diakui secara sah oleh negara,tuturnya.

Dadam menambahkan, untuk tahun 2016 ini, tercatat sebanyak 240 pasangan yang mengikuti isbat nikah program dari disdukcapil meliputi 6 kecamatan diantaranya Kecamatan, Nagrak,Cisolok,Cikakak,Simpenan, Cikidang dan Kalapanunggal.

Sementara Pasangan Suami Istri Mitra (37) dan nika (33) warga Desa Pulosari nikah selama 16 tahun belum mempunyai surat nikah. "Saya sangat berterimakasih dengan adanya pelayanan gratis ini. Jujur saja, saya merasa terbantu dengan adanya pemberian akta nikah gratis ini,ujarnya."

"Alhamdulillah, terima kasih untuk pihak Pemkab Sukabumi untuk layanan isbat nikah ini," tutupnya.

Reporter: Dede R