Program P3K,30 Remaja Mengikuti Pelatihan Kegiatan Menjahit -->

Adsense




Program P3K,30 Remaja Mengikuti Pelatihan Kegiatan Menjahit

87 Online News
Kamis, 10 November 2016

Sukabumi- Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) DH Handayani yang beralamat di Kampung Batununggal RT06/04, Desa Batununggal,Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, memperoleh dana bantuan untuk penyelenggaraan Program Partisipasi Peningkatan Pembangunan Kecamatan (P3K).

Dana bantuan yang bersumber dari APBD Kabupaten Sukabumi TA 2016 ini diperuntukkan bagi 30 peserta kursus yang direkrut untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan kursus dalam bidang menjahit. Adapun pelaksanaan kegiatan kursus menjahit Tahun 2016 telah dilaksanakan mulai awal November 2016 dan akan dilaksanakan selama 22 hari.

Ketua LKP DH Handayani Dedeh Suminar saat ditemui  disela kegiatan pelatihan menjahit Rabu,(09/10) mengatakan, beliau berharap agar peserta Program Pelatihan Kerja  kursus menjahit tahun ini dapat mengikuti kegiatan dengan penuh semangat, sehingga bisa memperoleh pengetahuan khusus bidang menjahit dan bisa bermanfaat bagi peserta kursus saat selesai mengikuti kegiatan ini.

Metode awal yang kami berikan untuk peserta latihan adalah metode GSM atau menjahit Garmen ada juga metode HPWSA yaitu menjahit rumahan. Selama satu minggu mengikuti kegiatan pelatihan jahit  para peserta didik sudah bisa membuat pola sendiri dan sudah bisa membuat baju, itu sungguh hal yang luar biasa mereka cepat respon. Yang terpenting dalam kursus pelatihan menjahit ini dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dan itu dibuktikan oleh mereka, tutur Dedeh.

Terpisah Camat Cibadak Abdul Rivai, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah kabupaten sukabumi dengan adanya program partisipasi peningkatan pembangunan kecamatan (p3k) untuk masyarakat Kecamatan Cibadak. Dari program tersebut Kita prioritas kan untuk pelatihan menjahit untuk lima desa yang diikuti 30 orang peserta  diantaranya 4 orang perempuan dan sisanya laki laki.  Dan kita ketahui  selama mengikuti pelatihan yang sudah berjalan sekitar satu minggu mereka sudah bisa membuat baju sendiri. Selain itu untuk menambah wawasan mereka, nanti setiap minggu akan ada dari pihak perusahaan garmen diwilayah cibadak yang ikut berpartisipasi memberikan materi kepada peserta latihan,  ujar Camat.

Lanjut dikatakan Camat, Yang mengikuti pelatihan kursus menjahit disini rata rata usia produktif pencari kerja  umur mereka dibawah 20 tahun. Selain diarahkan menjahit nanti mereka juga akan kita arahkan untuk mengikuti program paket c karena ada sebagian dari mereka tidak melanjutkan sekolah sampai tingkat menengah.

Dalam mendukung program P3K untuk pelatihan menjahit kita kerjasama dengan LKP DH Handayani di Desa Batununggal.  Program ini nanti akan dikembangkan dengan pelatihan yang lain. Setelah kegiatan pelatihan menjahit berakhir diharapkan para peserta bisa masuk ke perusahaan terutama garmen atau membuka usaha sendiri dibidang menjahit . Ya mudah-mudahan dengan program ini  bisa mengurangi tingkat   pengngaguran di Kecamata Cibadak, ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Batununggal Dudung Iskandar menyambut baik program (P3K) dari Pemkab Sukabumi, dia berharap program ini menjadi agenda rutin setiap tahunnya karena menurutnya, pelatihan kegiatan menjahit bisa menjadi solusi mengurangi tingkat penganguran karena dengan berbekal keterampilan menjahit peluang masuk kerja terbuka lebar mengingat bahwa di kabupaten Sukabumi banyak berdiri perusahan garmen, imbuhnya. (Dede)