Operasi Cabai Mustahil Dilakukan Pemkab Bogor -->

Adsense




Operasi Cabai Mustahil Dilakukan Pemkab Bogor

87 Online News
Selasa, 08 November 2016

KAB.BOGOR - Meningkatnya harga komoditas cabai di tingkat pasar wilayah Kabupaten Bogor, membuat kantor Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bogor tidak dapat bertindak dalam usaha menekan tingginya harga.

Pelaksana monitoring harga di kantor Diskoperindag Kabupaten Bogor Asep Syihabudin mengatakan, pihaknya mustahil melakukan operasi pasar dan hanya bisa sebatas melakukan pelaporan ketingkat pemerintah pusat.

"Kita berkordinasi dengan dinas terkait, dalam hal ini dinas pertanian dan juga kita informasikan ke pusat, apa itu mau di impor atau bagaimana solusinya," jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (08/11/16).

Dikatakannya, Bulog atau instansi lain sulit melakukan operasi cabe. "Semua kurang, bulog sendiri sebagai penyangga tidak menyedikan," lanjut asep.

Menurutnya, pasokan kebutuhan cabai dan sayur mayur dari petani di wilayah Mega Mendung, Cisarua dan Ciawi untuk wilayah Kabupaten Bogor saat ini berkurang karena di pengaruhi faktor cuaca.

"Hampir merata di daerah - daerah lain juga mengalami hal yang sama dan seperti hal nya sayur mayur karena faktor cuaca. Biasanya kalau menanam pada  musim hujan kurang bagus," kata Asep.

Ia juga menghimbau agar masyarakat melakukan mandiri pangan akan kebutuhan komoditas cabai dan sayur mayur, sehingga tidak bergantung akan hasil panen petani dan selanjutnya dampak harga cabai dapat ditekan.

"Masyarakat Kabupaten Bogor harus bisa mandiri pangan, jangan terlalu mengharapkan dari petani. Kalau emang seluruh masyarakat kabupaten bogor bisa mandiri pangan, menanam sayuran di rumah masing- masing dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang ada.

"Jadi, saat harga cabai melonjak, tidak menambah beban kebutuhan rumah tangga. Kenaikan harga cabai selalu berulang - ulang sehingga masyarakat harus dapat mengantisipasi sejak dini," pungkas Asep. (Irfan Damar Sinaga)