Nasib Buruh Kabupaten Bogor Ditangan Gubernur Jabar -->

Adsense




Nasib Buruh Kabupaten Bogor Ditangan Gubernur Jabar

87 Online News
Senin, 14 November 2016

KAB.BOGOR - Ratusan massa buruh dari berbagai wadah serikat buruh, mendatangi kantor Dinsosnakertrans (Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi) Kabupaten Bogor, Senin (14/11/2016).

Massa sempat tertahan di depan kantor Dinsosnakertrans, sebelum dipersilahkan masuk menemui Kepala Dinas Dinsosnakertrans untuk membahas tuntutan para buruh diantaranya menuntut kenaikan gaji dan penghapusan PP 78 tahun 2015 dan turunannya.

Kepala Dinsosnakertrans mengungkapkan kehadiran element buruh untuk membahas rapat Dewan Penguapahan Kabupaten (DPKAB) sesi terakhir, untuk tahun 2017. Selanjutnya di tanda tangani Bupati agar di serahkan kepada Gubernur untuk mendapat pengesahan.

"Sidang hari ini di hadiri oleh seluruh anggota DPKAB dari serikat buruh, serikat pekerja, pemerintah serta dari unsur Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia), jumblahnya hampir 24 orang. Dan, DPKAB telah  menghasilkan rekomendasi yang nanti akan ditandatangani oleh bupati dan insya allah jika selesai di tandatangai hari ini juga akan di bawa ke bandung agar segera di putuskan oleh gubernur Jawa Barat," papar Yos Sudrajat, saat ditemui usai rapat dengan DPKAB.

Ia juga mengatakan, aspirasi para buruh tetap mengacu pada kenaikan upah berdasarkan Kebutuhan Hidup Layak dari rapat - rapat yang di lakukan sebelumnya dan aspirasi tersebut di harapkan di setujui oleh Gubernur Jawa Barat.

"Dalam kegiatan rapat sebelumnya yang berlangsung di Puncak itu, penetapan UMK Kabupaten Bogor berdasarkan KHL yaitu 9,5%. Sedangkan nasionalkan 8,25%, nah nanti gubernur yang menentukan,"jelas Yos

Menurutnya, semua anggota DPKAB setuju dan tanda tangan. "Tinggal membawa ke Bandung, di samping itu juga mengusulkan ada upah minimum khusus atau padat, seperti  karya, garmen dan tekstil, dengan kenaikannya 10,15 dan 20 dan ini akan di tanda tangani oleh bupati sert selanjutnya di setujui oleh Gubernur Jawa barat.," pungkasnya. (Irfan Damar Sinaga)