Harga Cabai Di Bogor Kian Melambung -->

Adsense




Harga Cabai Di Bogor Kian Melambung

87 Online News
Selasa, 08 November 2016

BOGOR - Harga komoditas cabai di tingkat pasaran wilayah Kabupaten Bogor, melonjak tajam dengan harga di kisaran Rp 65 ribu per kilogram. Seperti di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor.

Kenaikan harga komoditas cabai sudah terlihat dan secara bertahan mulai bulan Sebtember, Oktober dan memuncak di bulan November dengan kisaran awal di harga 30 ribuan perkilo gram.

Pelaksana monitoring harga, Diskoperindag (Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan), Kabupaten Bogor, Asep Syihabudin mengatakan, peningkatan harga komoditas cabai di pasaran disebabkan karena dipengaruhi beberapa faktor seperti cuaca dan stok cabai yang menipis di kalangan petani.

"Dimusim hujan perkembangannya kurang bagus, sehingga banyak petani yang gagal panen dan juga faktor distribusi yang di pengaruhi banjir sehingga terhambat ke pasar," ucap Asep saat di temui di kantor Diskoperindag, Selasa (8/11/16).

Selain itu, kata Dia, kenaikan harga cabai tidak hanya terjadi di wilayah Kabupaten Bogor, tapi hampir merata di setiap daerah se Indonesia dan disusul dengan naiknya harga komoditas sayur mayur. "Ini hampir merata di daerah - daerah lain mengalami hal yang sama dan seperti halnya sayur mayur," sambung Asep.

Asep mengatakan bahwa pihaknya sudah berkordinasi dengan dinas terkait dan menyampaikan informasi ke pusat. "Apa itu mau di impor atau gimana untuk di wilayah Kabupaten Bogor," pungkas Asep. (Irfan Damar Sinaga)