Warga Kampung Munjul Tolak Kampungnya Dijadikan Pemakaman -->

Adsense




Warga Kampung Munjul Tolak Kampungnya Dijadikan Pemakaman

87 Online News
Rabu, 05 Oktober 2016

SUMEDANG - Sejumlah warga kampung Munjul, blok Cibatok RT 03/02, Desa Sukamenak, Kecamatan Darma Jaya, Sumedang, Jawa Barat menolak kampungnya dijadikan pemakaman mengingat kampung tersebut merupakan pemukiman warga setempat.

"Ada salah seorang warga yang meninggal beberapa minggu lalu yang dimakamkan di sekitar perkampungan yang banyak berdiri rumah warga," ungkap salah seorang warga yang enggan disebutkan identitasnya kepada wartawan, Selasa (5/10/16).

Padahal, lanjutnya, pemerintahan desa setempat sudah menyediakan pemakaman umum diwilayah tersebut. "Ini malah di makamkan dekat rumah orang lain mentang-mentang tanah yang dipakai pemakaman milik keluarganya yang meninggal," cetusnya.

Menurutnya, sebelumnya dikampung tersebut belum ada rumah warga dan kondisinya masih hutan dan masih banyak pepohonan. "Tetapi sekarang setelah pegenangan waduk Jatigede, jadi banyak rumah warga yang pindah ke kampung ini," jelasnya.

Karena itu, warga meminta kepada masyarakat lainnya jika ada yang meninggal agar dimakamkan di Pemakaman umum yang sudah disediakan oleh pemerintah setempat dan Pemerintah desa harus bisa melarang atau tidak memberikan izin walau pun tanah tersebut miliknya.

"Seharusnya pihak Pemerintah desa memberikan himbauan kepada masyarakat, bahwa siapapun yang meninggal harus dimakamkan di pemakaman umum yang sudah disediakan. Jangan dimakamkan dekat rumah warga, karena selain merasa ketakutan juga terkesan kurang enak dipandang," pungkasnya. (Taryat)