Tim Saber Siap Berantas Pungli Di Kota Bogor -->

Adsense




Tim Saber Siap Berantas Pungli Di Kota Bogor

87 Online News
Selasa, 25 Oktober 2016

BOGOR - Instruksi Presiden RI Jokowidodo untuk memberantas pungutan liar (Pungli) hingga ke akar rupanya tak main-main. Hal itu terbukti, Polresta Bogor Kota telah membentuk tim Sapu Bersih atau disebut tim Saber.

Kapolresta Bogor Kota AKBP Suyudi Ario Seto mengatakan, pihaknya sudah membentuk tim Saber sejak Jumat (21/10) lalu. Tim tersebut dibentuk beranggotakan dari kalangan Internal dan Eksternal.

"Sudah bekerja dari hari Jumat pekan lalu. Tim Saber Pungli untuk internal diterjunkan Sie Propam dan Sie Was," ungkap Suyudi, Selasa (25/10/16).

Sementara untuk ekternal pihaknya menerjunkan tim dari Sat Intelkam dan Sat Reskrim Polresta Bogor Kota. "Titik-titik yang berpeluang pungli akan menjadi prioritas utama, baik di ekternal maupun internal. "Sampai sekarang tim masih terus bekerja," imbuh Suyudi.

Ketika ditanya perihal Operasi Tangkap Tangan - OTT oleh Tim Saber Pungli, Suyudi mengaku belum mendapati. Namun tak menutup kemungkinan terdapat instansi yang vital kaitan dengan pungli tersebut.

"Kalau jumlah personil rahasia dong. Tim Saber belum OTT, sampai sekarang masih berkerja untuk melakukan pengawasan terhadap pungli itu," tandasnya.

Sejalan dengan Polresta Bogor Kota, di lingkungan Pemkot Bogor, Walikota Bogor Bima Arya pun demikian menindaklanjut atensi Presiden RI Joko Widodo kaitan pemberantas pungli.

"Ada laporan dari sektor pendidikan, kaitan pungli disekolah-sekolah. Ada juga laporan pungli dijalan, terus PKL, dan ada laporan pungli parkir, saya sudah peringkatkan ke semua sebelum kami OTT. Kita akan stop semua," kata Bima kepada wartawan.

Bima juga menegaskan, bahwa pihaknya akan meminta semua bawahanya untuk mengikuti instruksi Presiden. "Kita minta semua mengikuti langkah-langkah Presiden sebab daerah juga harus ikut. Saya kumpulkan data. Nanti beberapa titik akan disidak," katanya.

Berkaitan dengan sanksi, lanjut Bima, akan diproses sesuai aturan. "Bilamana PNS kedapatan Pungli ada prosesnya. Tentunya sesuai dengan aturan. Kalau berat bisa diproses untuk diberhentikan," ujarnya. (SHR)