Tak Kuat Menahan Luapan Air, Sebuah Jembatan Amblas -->

Adsense




Tak Kuat Menahan Luapan Air, Sebuah Jembatan Amblas

87 Online News
Kamis, 20 Oktober 2016

KOTA BOGOR - Akibat tidak kuat menahan debit air sungai Cimanglid yang meluap, sebuah jembatan penghubung Kampung Babakan RW 07 dan RW 08 Pasir Kuda amblas.

Ketua RW 07 Pasir Kuda Dipi Hariadi (37) menmenjelaskan, peristiwa terjadi Rabu (19/10/16) sekitar pukul 22. 00 WIB, saat hujan lebat dan debit air sungai Cimanglid meluap sehingga mengangkibatkan turap penahan jembatan mengalami erosi akibat tergerus air sungai dan jembatan pun akhirnya roboh.

"Jembatan ini dibangun sejak tahun 2007 silam. Dan pada tahun 2015 kondisinya sudah dicek bahwa tidak kuat menompang kendaraan berat dan hanya boleh dilalui motor dan pejalan kaki saja,"jelasnya.

Divi mengatakan, amblasnya jembatan ini membuat akses jalan warga terkendala sehingga warga harus memutar jauh ke Mina Bakti Bogor Selatan atau Pasir Kuda Vila Kebun Raya. Karena itu, warga berharap jembatan tersebut agar segera diperbaiki. "Kami berharap agar oemerintah Kota Bogor untuk segera memperbaiki. Karena selain satu-satunya akses jalan warga, menuju lahan pemakaman pun harus melewati jembatan," tambah Dipi.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Bogor Bima Arya menginstruksikan jajarannya untuk segera membangun jembatan sementara serta untuk segera melakukan pembersihan puing-puing yang ambruk sebagai antisipasi agar tidak terjadi longsor berikutnya karena dapat membahayakan rumah warga di sekitar.

"Jembatan ini memang sudah direncanakan akan diperbaiki tahun depan, tetapi arus sungai kemarin yang deras membuat pondasi terkikis dan ambruk," ujar Bima saat meninjaulangsung ke lokasi robohnya jembatan didampingi Kepala Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Kepala Dinas Binamarga dan Sumber Daya Air (Disbima SDA) dan jajarannya, Kamis (20/10/2016).

Bima mengatakan,  pihaknya juga telah melakukan kordinasi dengan BPBD, Dinas Binamaraga, Camat dan Lurah setempat agar segera dibangun jembatan sementara bagi pejalan kaki dan roda dua dari biaya tak terduga. Sementara jembatan diperbaiki tahun depan memakai anggaran 2017 dan saat ini sedang diperhitungkan Dinas Binamarga terkait pondasi yang bagus. (SHR)