Peringati Tahun Baru Islam, Pemdes Waringin Jaya Selenggarakan Berbagai Kegiatan Keagamaan -->

Adsense




Peringati Tahun Baru Islam, Pemdes Waringin Jaya Selenggarakan Berbagai Kegiatan Keagamaan

87 Online News
Senin, 03 Oktober 2016

BOJONG GEDE - Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1438 Hijriyah, Pemerintah desa Waringin Jaya, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor bersama Majlis Ta'lim Silaturahmi Desa Waringin Jaya melaksanakan berbagai kegiatan lomba keagamaan.Bertempat di halaman Kantor Desa Waringin Jaya, Sabtu (1/10/16).Berbagai kegiatan tersebut diantaranya, lomba MTQ tingkat desa, Murattal, Sholawat, Marawis, Kaligrafi, Marawis dan Puisi keagamaan yang diikuti oleh peserta dari majelis ta'lim yang merupakan warga masyarakat setempat.

Kepala desa Waringin Jaya Rohmat,SE menjelaskan, Peringatan 1 Muharam merupakan salah satu ciri bahwa masyarakat Desa Waringin Jaya masih menjunjung tingggi kaidah kaidah islam yang salah satunya dapat merayakan Peringatan Tahun Baru Islam. "Tujuan di adakannya kegiatan tersebut adalah untuk memberikan Pemahaman Kepada Masyarakat betapa pentingnya meningkatkan akidah dan tauhid kita kepada Allah SWT," jelasnya.

Selain berbagai perlombaan, dalam kegiatan ini pihaknya juga membagikan santunan kepada 210 anak yatim diwilayah desa yang di pimpinya. Kegiatan dimulai sejak pukul 08.00 WIB, hingga malam hari dilanjutkan dengan kegiatan tabligh akbar serta pawai obor.

Bertepatan dengan tahun baru ini, dirinya mengajak seluruh warga desa Waringin Jaya, khususnya bagi para pemuda agar mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan tema yang diusung dalam kegiatan ini, yaitu, "Dengan hikmah Hijriyah, mari bersama tingkatkan kualitas ukuwah untuk membangun desa Waringin Jaya yang beriman, bertaqwa dan berahlaq. Khususnya bagi anak muda, agar dijauhkan dari pergaulan bebas dan narkoba," harap nya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pengajian bulanan, Rusdiono mewakili Ketua Panitia mengatakan bahwa kegiatan seperti ini jarang dilakukan oleh majelis lainnya, karena itu pihaknya sepakat menyelenggarakan kegiatan ini dalam memperingati tahun baru 1 Muharram.

"Kebanyakan dari masing-masing majelis pada umumnya hanya merayakan merayakan Maulid, sementara kita ambil momen Tahun Baru Islam ini untuk mengadakan berbagai kegiatan. Selain itu, juga berdekatan dengan lebaran yatim yang kebetulan kita satu pemikiran dengan Kepala Desa yang biasa berbagi pada yatim setiap tahunnya. Jadi kita satukan kegiatannya," papar Rusdiono.

Degan adanya kegiatan ini, pihaknya mewakili majelis ta'lim berharap dapat lebih mempererat tali silaturahmi antar pemuda desa Waringin Jaya serta dapat menambah keimanan para pemuda agar tidak terjerumus dalam ajaran yang menyesatkan serta membentuk pribadi pemuda yang cinta sesama muslim dan anak yatim. 

Dalam kegiatan ini, selain dihadiri sekitar kurang lebih 2500 orang jamaah, pada puncak acara hadir diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Jaro Ade, Muspika Kecamatan Bojong Gede, Camat Bojong Gede, Para Tokoh ulama, Tokoh pemuda dan masyarakat setempat serta Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. (Ibra)