Pelayanan Pembuatan E-KTP Terhambat Akibat Blangko Terbatas -->

Adsense




Pelayanan Pembuatan E-KTP Terhambat Akibat Blangko Terbatas

87 Online News
Selasa, 04 Oktober 2016

SUKABUMI - Warga di Kabupaten Sukabumi, mengeluhkan sering terlambatan proses pembuatan E-KTP, keluhan warga ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, sampai saat ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat masih mengalami keterbatasan keping fisik KTP elektronik (e-KTP) untuk dicetak.

Menanggapi hal itu, Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Disdukcapil Wilayah II Cibadak Ande Hidayat, membenarkan kondisi tersebut. Menurutnya, keterbatasan blanko e-KTP ini sudah berlangsung sejak dua bulan lalu. Pihaknya pun mengakui, kondisi ini mengakibatkan pelayanan pembuatan dokumen pribadi bagi warga menjadi sedikit terhambat.

Dikatakannya, kekosongan blanko ini tak hanya terjadi di wilayah kerjanya. Melainkan terjadi juga di beberapa daerah lain."Daerah lain juga sepertinya mengalami kondisi yang sama. Karena ini merupakan kendala teknis terkait belum selesainya proses pengadaan di tingkat pusat," jelas Ande.

Ande menambahkan, bahwa untuk penanganan e-ktp saat ini pihaknya sementara hanya bisa melakukan perekaman saja, di karenakan pasokan blangko terbatas kemungkinan akan terjadi hingga akhir desember mendatang. "Bagi warga yang sudah melaksanakan perekaman e-ktp, kita berikan kartu identitas sementara yang fungsinya sama dengan e-ktp sambil menunggu blangko e-ktp turun dari pusat," pungkasnya. (Diky)