HMI CABANG SUKABUMI GERUDUG KANTOR DISDUKCAPIL -->

Adsense




HMI CABANG SUKABUMI GERUDUG KANTOR DISDUKCAPIL

87 Online News
Rabu, 19 Oktober 2016

Sukabumi. Aktivis Himpunan  Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukabumi datangi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi. Aksi yang dilakukan sekitar jam 10:00 Wib itu di sambut langsung Kepala Disdukcapil Kabupaten Sukabumi.(19/16).

Ketua Umum HmI Zainal Sidiq mengatakan aksi yang dilakukan untuk menyampaikan berbagai masalah yang kerap terjadi kepada masyarakat dalam hal pembuatan administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DUKCAPIL). Mengingat Disdukcapil ini merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yg berwenang dalam bidang kependudukan dan pencatatan sipil di kabupaten Sukabumi.
" Kami hanya ingin apa yang jadi permasalahan di masyarakat terkait Adminduk untuk segera di selesaikan." Terangnya.

Zenal menambahkan jika masalah yang di sampaikan merupakan hasil dari kajian dan observasi lapangan yg dilakukan. Menurutnya hasil dilapangan menemukan banyak sekali permasalahan yang terjadi mulai dari pelayanan publik yg tidak memadai dan yang lebih miris kami temukan ada oknum2 yg tidak bertanggung jawab yg melakukan pemungutan liar (PUNGLI) terhadap masyarakat yg akan melakukan kegiatan pencatatan administrasi kependudukan," Masalah itu jangan di biarkan sehingga perlu kami sampaikan," Terangnya.
zenal mennambahkan jika hal tersebut dibiarkan akan membuat hambatan bagi masyarakat yang apatis dalam melakukan kegiatan pencatatan administrasi kependudukan." Jangan sampai masyarakat malas untuk mengurus administrasi dengan keadaan seperti itu." Tambahnya.

Dirinya mengaku mengutuk keras pungli itu dan meminta kepada kepala Dinas agar  pelaku Pungli dapat di tindak tegas, baik Oknum pegawai Disdukcapil maupun Calo yang memang  melakukan pungli tersebut. Selain dari itu kami meminta untuk di sediakan tempat yang referesentatif untuk masyarakat yg akan melakukan kegiatan administrasi kependudukan." Dan kami ingin meminta pegawai gunakan etika dalam melayani masyarakat yg akan melakukan kegiatan pencatatan administrasi kependudukan." Pungkasnya.

Sementara itu Kepala Disdukcapil Sopiyan Ependi meminta agar para aktivis maupun masyarakat membantu mengawal kinerja para pegawai Disdukcapil dan langsung melaporkan bila melihat adanya peraktek pungli di lapangan." Saya harapkan semua bisa mengawasi dan mengawal kinerja kamai." Pungkasnya. (Fer/Dd)