Tak Kuat Menahan Air, Membuat Gorong Gorong Jebol Memakan Separuh Badan Jalan -->

Adsense




Tak Kuat Menahan Air, Membuat Gorong Gorong Jebol Memakan Separuh Badan Jalan

87 Online News
Rabu, 05 Oktober 2016



SUKABUMI - Hujan deras dengan intensitas yang cukup tinggi diwilayah Sukabumi dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir, mengakibatkan sejumlah infrastruktur jalan mengalami kerusakan dengan tingkatan beragam. Salah satu diantaranya, gorong-gorong pembuangan air di jalan Batas Desa Bojonggaling dan Desa Bojonggenteng, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Akibat tidak kuat menahan debit air yang tinggi membuat gorong-gorong tersebut jebol dan mengakibatkan adanya lubang berdiameter 1,5 meter dengan kedalaman 1 meter di tengah jalan. Kondisi ini tentu dikhawatirkan akan menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan, terutama bagi pengendara roda dua yang melintas di jalan tersebut. 

"Demi keselamatan para pengendara, kami minta kepada penyelenggara jalan dalam hal ini Pemda Kabsi melalui Dinas PU bina marga ada upaya untuk melakukan perbaikan sarana dan prasana jalan supaya tidak terjadi kecelakaan," ungkap Kepala desa Bojonggaling, Dodih Wahyudi yang akrab disapa Golung, Rabu (5/10/16).

Golung menambahkan, gorong gorong yang jebol merupakan jalan kabupaten serta akses masyarakat Kampung Pasir Bentik RT01/01, juga jalur utama menuju Desa Bojonggaling, Desa Bojonggenteng dan Desa Sukatani, Kecamatan Parakansalak. 

Terpisah, Kiah (57) salah seorang warga setempat mengatakan, gorong-gorong jebol terjadi dua hari yang lalu akibat guyuran hujan yang tinggi dan menyisakan lubang yang hampir memakan separuh badan jalan.
 
"Jebolnya jalan di jalur  itu diduga tidak hanya di akibatkan oleh debit air, bisa juga disebabkan beban jalan yang terlalu berat. Karena itu, hari ini warga berinisiatif memasang papan pengumuman agar kendaraan berat tidak melintasi jalur tersebut. Langkah ini kami lakukan sebagai upaya pencegahan agar tidak terjadi kecelakaan," pungkasnya. (Dede R)