Bikin Kumuh Dan Macet, Ratusan Lapak PKL Dibongkar Satpol PP -->

Adsense




Bikin Kumuh Dan Macet, Ratusan Lapak PKL Dibongkar Satpol PP

87 Online News
Rabu, 26 Oktober 2016

PARUNG - Ratusan bangunan liar atau lapak milik pedagang kaki lima yang berada di sepanjang ruas jalan Pasar Tohaga Parung, kecamatan Parung, Kabupaten Bogor di bongkar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Rabu (26/10). Pasalnya, keberadaan bangunan liar atau lapak tersebut membuat ruas jalan Pasar Tohaga terlihat kumuh dan menimbulkan kemacetan, terlebih di saat jam sibuk.
Pedagang yang tidak terima lapaknya akan bongkar melakukan perlawanan dan sempat terjadi adu mulut, namun dengan sigap petugas yang melakukan pembongkaran tidak terpancing sehingga suasana yang semula memanas, segera mencair dan pihak Pol PP memberikan pedagang waktu untuk melakukan pembongkaran sendiri.
Kabid Dalops Satpol PP Kabupaten Bogor Asnan menjelaskan, eksekusi yang dilakukan hari ini sudah terlebih dahulu memberikan surat teguran serta peringatan secara tertulis kepada ratusan pedagang. “Kita sudah memberikan surat peringatan 1 bulan sebelum waktu pembongkaran, tapi para pedagang tetap membandel dan kita lakukan eksekusi pada hari ini,” ucap Asnan saat ditemui usai melakukan pembongkaran.  
Selain itu, kata dia, tindakan yang dilakukan oleh unit satuannya tetap mengedepankan sisi humanis sehingga tidak ada bentrok fisik yang terjadi di lapangan. “Saya perintahkan anggota untuk tidak terpancing emosi dan tetap tenang, bahwa para pedagang juga warga kabupaten Bogor, yang sama-sama mencari nafkah,” jelasnya.
Ia juga menegaskan bahwa para pedagang selanjutnya akan diarahkan untuk mengisi kios-kios Pasar Parung yang belum terisi dan kita sudah kordinasi dengan pengelola Pasar Tohaga Parung agar difasilitasi. “Pedagang bukan kita gusur tapi kita geser, sehingga tetap dapat berjualan tapi pada tempat yang semestinya,”tandassnya.
Ilham (40) salah seorang pengendara mengatakan dirinya sangat mengapresiasi kinerja yang dilakukan Satpol PP, terlebih keberadaan lapak para PKL tersebut sangat mengganggu ketertiban dan kenyamanan pengguna jalan. “Saya sangat kesal saat melintasi jalan ini, pedagang buka lapak hingga ke jalan, akhirnya para pengendara sulit untuk melintas,” cetus Ilham, salah seorang pengguna jalan.
 
Selain itu, dirinya merasa heran melihat ulah para pedagang yang tidak tertib serta oknum-oknum preman yang menggunakan badan jalan sebagai lahan parkir.“Saya apresiasi kinerja SatPol PP yang melakukan pembongkaran, semoga bisa mengurangi kemacetan di sepanjang Jalan Pasar Tohaga Parung,"pungkasnya. (Irfan Damar Sinaga)