Akses Jalan Raya Pelabuhan Ratu Lumpuh Total Akibat Tertimbun Longsor -->

Adsense




Akses Jalan Raya Pelabuhan Ratu Lumpuh Total Akibat Tertimbun Longsor

87 Online News
Kamis, 06 Oktober 2016

SUKABUMI - Akibat curah hujan dengan intensitas tinggi dalam beberapa jam yang mengguyur kawasan Sukabumi dan sekitarnya, mengakibatkan tebing setinggi 100 meter longsor di Jalan Perintis Kemerdekaan KM 8, tepatnya di kampung Cijambe, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kamis, (6/10/16).

Akibat peristiwa tersebut arus lalu lintas Jalan Raya Cibadak-Pelabuhan Ratu mengalami kemacetan hingga 5 KM kedua arah, baik dari arah Cibadak menuju Pelabuhan Ratu dan sebaliknya akibat tertutup material longsoran.

Dari informasi yang dihimpun tim redaksi 87n onlinenews.com, (Media Wira Desa Group) peristiwa longsor yang menutup akses jalan propinsi yang berada di Desa Sukamulya Kecamatan Cikembar, tepatnya di dekat kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumiterjadi sekitar pukul 17.00 WIB.

"Material longsor yang menutupi seluruh badan jalan ini terjadi akibat hujan lebat pada pukul 16.30 WIB dan mengakibatkan longsor hingga menutupi jalan," kata H.Irwan, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Sukabumi, dilokasi.

Menurutnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun akses jalan menuju Cibadak ataupun sebaliknya terganggu akibat banyaknya material longsor yang menutupi jalan. "Alhamdulilah dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, kami menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada di karena di khawatirkan kejadian yang tidak bisa di prediksi ini terulang kembali." imbuhnya.

Hingga pukul 19.00 WIB, petugas TNI/Polri, BPBD, Dishubkominfo dan masyarakat masih berada di lokasi saling bahu-membahu membersihkan material longsoran. Untuk membersihkan ruas jalan dari tanah lumpur, petugas dari BPBD Kabupaten Sukabumi menerjunkan satu unit mobil tanki air.

Untuk diketahui, Prakiraan cuaca dari BMKG Bogor berdasarkan pantauan citra satelit tanggal 06 Oktober 2016 pukul 07.10 WIB, untuk wilayah Jawa Barat pada umumnya cerah berawan hingga terdapat awan hujan yang berpotensi menyebabkan hujan ringan di wilayah pesisir Sukabumi dan Bogor selatan  yang mengakibatkan rawannya bencana longsor serta banjir. (Anry Wijaya)