Ads Atas

header ads

Yayasan La-Li Dan Aqua Group Galar Aksi Sosial Konservasi Hulu DAS Cicatih.

SUKABUMI - Sebagai langkah awal dalam mewujudkan peningkatan kemampuan dan sumber daya masyarakat (SDM) dalam pengelolaan sumber daya desa, Yayasan LA-LI bersama Aqua group melakukan Aksi sosial konservasi hulu DAS Cicatih.

Kegiatan yang mengangkat tema 'Konservasi Berbasis Kearifan Budaya Lokal' dilaksanakan selama dua hari, dari mulai tanggal 30 hingga 31 agustus 2016 di Situs Batu Kujang, Kampung Tenjolaya, Desa Cisaat, Kecamatan Cicurug-Sukabumi dihadiri oleh Pemerintah Desa Cisaat, BP3K Kecamatan Cicurug, BELANTARA (Bela Alam Nusantara) JABAR, dan masyarakat sekitar yang tergabung dalam satuan kelompok kerja demi membangun Sumber Daya Desa.

Selain itu, hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Direktur LA-LI Aang Herlan H, Manager CSR PT. AGM Cacas Suwarna, Pengelola Situs Batu Kujang.

Dalam sambutannya, Aang Herlan memaparkan, Program pokok dari konservasi DAS ini dengan mengutamakan pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan kapasitas masyarakat petani, berbasis budaya lokal dan berbasis ekonomi ini sebagai langkah awal dalam mewujudkan peningkatan kemampuan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya desa.

"Kegiatan ini sangat membantu keberlangsungan perekonomian masyarakat sekitar, dan dapat menghargai budaya lokal agar terus dapat di lestarikan oleh masyarakat," paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Manager CSR Aqua AGM, Cacas Suwarna menuturkan, melalui program konservasi ini PT. Aqua turut berkontribusi dalam melestarikan alam dan menjalin kemitraan dengan LA-LI agar program tersebut dapat di implementasikan dengan baik.

Menurutnya, keterlibatan Aqua membuktikan bahwa perusahaan pun bertanggung jawab dalam menjaga ekosistem dan kelestarian alam, tidak hanya mengambil manfaat nya saja.

"Dengan menjalankan pengelolaan dan pelestarian lingkungan desa serta memanfaatkan jejaring antar pemangku kepentingan, akan melahirkan aksi dan gerakan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya alam menuju perbaikan lingkungan hidup," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, Aqua Group sangat berperan serta dalam upaya pembangunan bidang ekonomi, sosial dan budaya serta fisik maupun infrastruktur yang dilakukan secara partisipatif, demokratis dan akuntabel.

"Saya harap keberlanjutan dalam menjaga ekosistem alam, saya lihat bahwa di sekitar situs banyak lahan gundul dan lahan kritis yang mengakibatkan sungai kekeringan. Dengan program ini kami sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan tersebut, tidak lupa kami pun berterima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam acara ini," tuturnya.

Sementara itu, perwakilan dari Pemdes Cisaat, Ust. Wawan mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak atas terselenggaranya kegiatan ini. "Atas nama Pemerintah Desa Cisaat, saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak terutama Aqua Group atas terselenggaranya kegiatan konservasi ini dan telah merekomendasikan kelompok masyarakat di sekitar untuk terlibat dalam kegiatan ini," ungkapnya. 

Senada dengan Cacas Suwarna, Dia berharap kegiatan ini tidak selesai hanya sampai di sini saja tetapi kegiatan ini akan terus berlanjut hinggga mampu membangun kesadaran masyarakat terhadap lingkungan dan ekosistem alam. (Anry/Dicky)

Posting Komentar

0 Komentar