Ads Atas

header ads

Selama 6 Bulan Jalan Amblas Pemkab Sukabumi Tutup Mata

SUKABUMI - Jalan yang berstatus milik Pemerintah Kabupaten Sukabumi yang beradaa di wilayah Kecamatan Bojonggenteng, tepatnya di Kampung Pabangbon RT05/01 Desa Cibodas, amblas sedalam 3 meter dan memakan setengah badan jalan, Senin (5/9/16).

Kondisi jalan yang mengalami rusak berat itu menyebabkan arus lalu lintas kendaraan menjadi terhambat. Untuk kendaraan yang melintasinya diberlakukan sistem buka tutup dan sementara jalan tersebut tidak bisa dilalui mobil besar bermuatan berat karena di khawatirkan bisa membahayakan pengguna jalan.

Sekretaris Camat Bojong Genteng, Tito L ketika dihubungi melalui telepon selularnya mengatakan, Jalan yang longsor tersebut merupakan jalan yang aktif dilalui kendaraan yang menghubungkan Kecamatan Kabandungan - Kalapanunggal dan Bojonggenteng ke arah Parung kuda. 

"Kondisi jalan amblas itu sebetulnya sudah yang kedua kalinya, yakni sejak 6 bulan lalu dan baru mendapatkan bantuan dari BPBD Kabupaten Sukabumi berupa bronjong dan batu saat longsor pertama. Mungkin karena intensitas hujan yang besar bronjong tersebut tidak kuat menahan arus air sehingga longsor badan jalan bertambah dan jalan kembali amblas.

Menurutnya, hal ini telah di koordinasikan dengan pihak kepolisian Polsek Bojonggenteng untuk pengaturan lalu lintas. "Untuk sementara, kami sudah koordinasi dengan Pa Kapolsek Bojonggenteng berkaitan dengan arus lalu lintas kendaraan besar, terutama Tangki bahan bakar minyak ( BBM ) dan Truck Tronton yang membawa material batu atau pasir agar tidak melintas dijalur tersebut dikarenakan sangat berbahaya,"jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga telah melaporkan kepada Wakil Bupati Sukabumi untuk di tindaklanjuti oleh Dinas terkait. "Kami pun sudah melaporkan kondisi jalan saat ini ke Wakil Bupati Sukabumi. Dan, beliau sudah memerintahkan pihak desa untuk melapor ke Dinas PU Bina Marga supaya cepat di tindaklanjuti," tuturnya.

"Sudah 6 bulan, jalan amblas ini belum ada upaya perbaikan dari Dinas Bina Marga," tambahnya.

Sementara itu, Tokoh pemuda Kecamatan Bojonggenteng, Golung (40) mengatakan, jalan amblas sudah lama dibiarkan pihak terkait. Dan menurut informasi warga setempat pernah ada pengendara mengalami kecelakaan terperosok hingga kedalaman 3 meter. "Sebelum menelan korban lagi, kami mohon kepada penyelenggara jalan, dalam hal ini  Pemkab Sukabumi melalui Dinas Binamarga untuk melakukan perbaikan sarana dan prasarana jalan lalu lintas yang ada di Kecamatan Bojonggenteng, "harapnya.

Golung juga menjelaskan, bahwa jalur ini merupakan jalan Kabupaten lintas kecamatan sebagai akses warga untuk menjalankan aktifitas."Dengan adanya bencana jalan amblas ini otomatis aktifitas warga menjadi terhambat. Untuk itu, kami mohon pada Dinas tekait segera memperbaikinya agar aktifitas warga berjalan normal seperti biasa,"pungkasnya.(Dede Rohmat)

Posting Komentar

0 Komentar