Pemdes Bojong Genteng Fokuskan Pembangunan Di Segala Bidang -->

Adsense




Pemdes Bojong Genteng Fokuskan Pembangunan Di Segala Bidang

87 Online News
Kamis, 22 September 2016

SUKABUMI - Pemerintah Desa Bojonggenteng terus melakukan upaya pembangunan di semua sektor sehak memasuki awal tahun 2016 dengan menggunakan dana yang bersumber dari dana desa dan dari APBD 2 melalui Dinas Kesehatan, Dinas Tata Ruang dan Kebersihan (Distarkimsih) juga dari dana P3K Kecamatan.Pembangunan infrastruktur terus digenjot oleh pemerintah desa Bojong Genteng.

Dana desa yang diterima oleh setiap desa ini akan di prioritaskan untuk pembangunan infrastruktur desa serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa. "Pembangunan infrastruktur desa difokuskan pada akses jalan, jembatan, drainase dan beberapa infrastruktur lainnya. Selain itu, desa juga diperbolehkan membangun pos pelayanan terpadu (Posyandu) dan sekolah untuk pendidikan anak usia dini (PAUD)," tutur Kepala Desa Bojong Genteng, Dedi Sudirman saat ditemui diruang kerjanya.

Dedi mengatakan, untuk penyerapan dana desa termin pertama, sesuai amanat APBDes tahun 2016 bidang pembangunan desa. Dana desa tahap 1 tahun 2016 di realisasikan untuk program sektoral pengecoran Jalan lingkungan dibeberapa titik diantaranya, di Kampung Cimuncang RT 29 RW 11, pengecoran Jalan lingkungan di Kampung Cibuluh RT 26, pengecoran jalan setapak di Kampung Bojong Genteng RT 06 RW 02, pengecoran jalan setapak di Kampung Nyalindung Rt 15 dan 16 RW 06, penataan kantor desa pembangunan TPT, pembangunan MCK Kampung Nyalindung RT 16 RW 06, pembangunan MCK Kampung Bojong genteng RT 04 RW 02, program P3K Kecamatan, pembangunan jembatan penghubung kampung Pamatutan RT 23 RW 09 dan pembangunan sarana air bersih di Kampung Bojong Genteng RT 07 RW 03," paparnya.

Menurutnya, penggunaan dana desa untuk pembangunan desa bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, peningkatan kualitas hidup, serta penanggulangan kemiskinan. Untuk itu, penggunaan Dana Desa untuk pembangunan desa diarahkan pada program-program seperti, pembangunan, pengembangan, dan pemeliharaan infrastruktur atau sarana dan prasarana fisik untuk penghidupan, termasuk ketahanan pangan dan permukiman.

Pembangunan, pengembangan, dan pemeliharaan sarana dan prasarana kesehatan masyarakat, pembangunan, pengembangan dan pemelliharaan sarana dan prasarana pendidikan, sosial dan kebudayaan. 

"Pengembangan usaha ekonomi masyarakat, meliputi pembangunan dan pemeliharanaan sarana produksi dan distribusi, pembangunan dan pengembangan sarana prasarana energi terbarukan serta kegiatan pelestarian lingkungan hidup," pungkas Dedi. (Dede R)