Ads Atas

header ads

Forum UMKM Kecamatan Cicurug Lahirkan Koperasi Lestari Mandiri

 

SUKABUMI - Forum UMKM yang bertujuan untuk mengkoordinir pera pelaku UMKM se-kecamatan Cicurug yang di resmikan oleh camat Cicurug, Agung Gunawan pada bulan April tahun 2015 lalu, melahirkan Koperasi "Lestari Mandiri" yang selama ini menjadi wadah seluruh UMKM di kecamatan Cicurug demi terjalinnya kebersamaan dan kekeluargaan terutama dalam menghadapi kesulitan.

Demi terwujudnya pelaksanaan kegiatan dalam meningkatkan Ekonomi pelaku UMKM, pemerintah Kecamatan Cicurug menggandeng salah satu Perusahaan Air Mineral yang berada di wilayah kecamatan Cicurug yakni PT. Aqua Golden Misisipi dengan pembentukan dan penumbuhan Koperasi melalui mitra yang ditunjuk, yaitu Lembaga Karya Masyarakat Mandiri Dompet Duafa.

Hal ini mendapat dukungan dari Manager Stakeholder Relation dan CSR AQUA Cacas Suwarna, dirinya memaparkan bahwa setelah melalui tahapan-tahapan proses pendampingan terhadap para pelaku UMKM mulai dari promosi dan publikasi UMKM pada acara Pameran Pembangunan Kecamatan Cicurug, Proses Pelatihan dan Penguatan Kelembagaan, serta proses Motivasi Wirausaha.

"Alhamdulilah, pada tanggal 26 Februari 2016 menjadi hari lahirnya Koperasi yang dinamai Koperasi Lestari Mandiri yang sudah memiliki badan Hukum dengan nomor 25/BH/XIII.15/II/2016 tentang pengesahan akta pendirian koperasi Menteri Negara Urusan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia dengan klasifikasi Koperasi Serba Usaha, inilah wadah untuk para pelaku UMKM yang sudah memiliki badan hukum, koperasi di kecamatan Cicurug. Koperasi ini pun memiliki karakteristik tersendiri dalam misi yang di embannya dan dalam segala aktifitasnya untuk mewujudukan tujuannya,"papar Cacas Suwarna.

Menurutnya, pengelolaan usaha Koperasi yang Profesional sangat di utamakan karena untuk dapat survive dan memperhatikan kompetensi Pengurus dan Pegawai koperasi dalam mengatur efisiensi dan ke efektifitasan kegiatan Serba Usaha.

"Sebagai Koperasi yang baru berdiri dan sudah mendapatkan modal usaha dari perusahaan AQUA (AGM – Mekarsari) jelas-jelas harus dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, karena Koperasi ini bertujuan untuk membantu modal Usaha Para Pelaku UMKM dengan memberikan pinjaman kredit usaha sesuai dengan aturan dan syarat-syarat yang sudah disepakati sebelumnya oleh Pengurus dan anggota Koperasi Lestari Mandiri,"tegasnya.

Di tempat terpisah, Kasi PMD kecamatan Cicurug, Giri Purnama menjelaskan bahwa Koperasi Lestari Mandiri berazaskan gotong royong ini mempunyai visi yakni Menjadi Koperasi Serba Usaha yang maju di Kabupaten Sukabumi sehingga terciptanya anggota koperasi yang sejahtera, mandiri dan berkelanjutan.
"Diperlukan sinergitas antara para anggota koperasi agar program pengembangan UMKM melalui Koperasi ini bisa berkolaborasi dengan program dari pemerintah khususnya dari Diskoperindag Kabupaten Sukabumi dengan program yang sedang dilakukan oleh perusahaan AQUA ini,"jelasnya. 

Giri mengatakan, saat ini pemerintah kecamatan Cicurug tengah memfasilitasi Surat Izin Usaha Menengah dan Kecil. "Insya Alloh akan segera terealisasi secepatnya," imbuh Giri.

Sementara itu, Sholehudin selaku mitra pendamping program dari Yayasan Karya Mandiri Dompet duafa mengatakan bahwa program ini perlu support dan monitoring dari semua pihak, baik perusahaan AQUA maupun pemerintah kecamatan Cicurug agar semua kegiatan Koperasi ini bisa berjalan dengan keterbukaan, hal itu dilakukan untuk mencari solusi yang baik bila mana menghadapi kendala-kendala baik yang bersifat teknis maupun operasional.

Sholehudin juga menjelaskan bahwa sampai saat ini koperasi Lestari Mandiri tengah menggandeng para pedagang asongan yang berada di wilayah Cicurug untuk menjadi anggota koperasi ini, hal tersebut jelas akan membantu kegiatan perkembangan Koperasi. "Kita merangkul para pedagang asongan tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja pedagang asongan dalam hal permodalan dan penyediaan barang dagangan sebagai ujung tombak marketing dari hasil produksi UMKM," tuturnya.

Menurut Suparman SE selaku ketua Koperasi Lestari Mandiri menegaskan, agar para pelaku UMKM yang tergabung di dalam keanggotaan koperasi ini merasa sangat terbantu khususnya dari segi pembiayaan, karena selain biayanya ringan juga hasilnya akan dinikmati anggota dari sisa hasil usaha (SHU).

Suparman mempunyai mimpi dan harapan agar koperasi ini dapat berkembang secara mandiri dan menjadi stimulan bagi pelaku UMKM yang lain untuk bergabung dalam keanggotaan koperasi ini sehingga keberadaan koperasi ini benar-benar dapat menopang dan mendorong peningkatan ekonomi masyarakat Cicurug dan sekitarnya. (Diky)

Posting Komentar

0 Komentar