Ads Atas

header ads

Korban Puting Beliung Di Sukabumi Tunggu Penanganan Pihak Terkait

SUKABUMI - Hindun(48), korban bencana angin puting beliung di Kampung Pinang Gading Rt 15/05, Desa Tamansari, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat hingga kini belum mendapat penanganan pihak terkait, baik dari pemerintah setempat maupun dari Pemerintah Kabupaten. Padahal rumah yang dihuni oleh tiga orang ini nyaris roboh dan masuk kategori Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Ironisnya, Pemerintah setempat berdalih tidak tahu dan belum menerima laporan. Padahal, menurut pengakuan korban, dirinya telah melaporkan kejadian tersebut  ke pemerintah desa Tamansari sejak tanggal 31 Agustus, sehingga baik pemerintah Desa maupun pihak Kecamatan dinilai tidak cepat tanggap dan terkesan tutup mata.

Pantauan 87onlinenews.com di lokasi, terlihat rumah korban yang merupakan seorang janda ini mengalami kerusakan yang cukup parah, terutama di bagian atap dan nyaris roboh.

"Saya kaget pak, ketika mendengar bunyi bergemuruh di belakang rumah. Setelah saya lihat ternyata atap rumah saya roboh, beruntung waktu itu saya sama cucu dan anak saya berada di ruang tengah," kata Hindun.

Sementara, menantu korban, Dede Suryama (35) menuturkan, angin puting beliung menerjang bersamaan dengan hujan deras pada hari Selasa tanggal 30 Agustus lalu, dan menyebabkan atap rumah orang tuanya ambruk. Dia juga mengungaku sudah melaporkan kejadian tersebut. "Namun sejak saya melapor setelah kejadian, belum ada yang meninjau ke lokasi. Ada pun yang datang baru hari ini, mungkin juga karena ada wartawan yang datang sehingga pemerintah setempat pun ikut meninjau. Mungkin mereka takut di beritakan pa," tuturnya, kepada awak media, Kamis (1/9/16).

Ditemui secara terpisah, Sekretaris Desa Tamansari, Abay mengatakan, kondisi rumah korban sudah tua dan masuk kategori Rumah Tidak Layak Huni (RTHL). "Kebetulan pada hari Selasa kemarin, hujan cukup deras disertai angin kencang. Mungkin itu yang menyebabkan rumah korban ambruk,"ujarnya.

Abay  juga mengakui, pihaknya sudah mendapat laporan dari korban. "Namun kami tidak mengetahui jika rumah tersebut mengalami rusak yang cukup parah," kilahnya.

Hingga berita ini diturunkan belum ada bantuan dari pihak terkait kepada keluarga korban. Akibat peristiwa angin puting beliung yang menerpa rumahnya, korban mengalami kerugian yang diperkirakan mencapai Rp 35 juta rupiah.(Dede R)

Posting Komentar

0 Komentar