Satu Rumah Dan Majlis Ta'lim Tertimbun Longsor

SUKABUMI - Sebuah rumah milik Khasbulah (55), warga Kp Cibaregbeg RT 01/01, Desa Caringin, Kecamatan Cicurug tertimbun longsor. Tidak hanya rumah, majelis ta'lim tempat pengajian warga pun ikut tertimbun longsor dari tebing setinggi 15 meter dan lebar 30 meter yang terjadi pada hari Kamis (8/9/16).

Menurut keterangan korban, bencana longsor terjadi sekitar pukul 01:30 WIB dini hari."Saat kejadian, saya sudah punya pirasat bakal terjadi longsor karena sebelumnya sempat merasakan tanah bergetar seperti ada gempa dan mendengar bunyi gemeretak dibelakang rumah. Saya langsung lihat keluar, ternyata kondisi tanah sudah labil. Saya langsung membangunkan istri dan anak saya untuk segera keluar rumah, selang beberapa detik longsor langsung menimbun  rumah dan majelis taklim,"tutur Khasbulah.

Masih kata korban, akibat kejadian ini barang-barang berharga miliknya masih tertimbun longsoran tanah diantaranya uang kas jamaah majelis taklim sejumlah 7 juta rupiah, perhiasan istrinya berupa kalung emas serta surat-surat penting seperti sertifikat tanah dan BPKB motor. Korban menyebutkan total kerugian mencapai puluhan juta rupiah. "Saya bersyukur, semua keluarga selamat. Namun saya sekeluarga masih trauma atas kejadian ini," imbuhnya.

Sementara itu, Kasi pemerintahan desa Caringin, Cecep Suherman dalam hal ini mewakili Kepala Desa mengatakan, sejauh ini Muspika kecamatan Cicurug serta BPBD Kabupaten Sukabumi sudah meninjau lokasi. "Paska kejadian, saya langsung melaporkan sehingga mereka sigap langsung turun meninjau tempat kejadian,"ucapnya.

Lanjut, Cecep menjelaskan, untuk sementara korban diungsikan kerumah tetangga dan mungkin tempat tinggal korban akan direlokasi sementara waktu sambil menunggu bantuan dari Pemkab Sukabumi.

Selain rumah dan majelis ta'lim,  longsor juga merusak saluran irigasi dan satu petak sawah warga. Sejak pagi hingga sore hari, warha masih bergotong royong membersihkan material longsoran tanah. (Dede Rohmat)

Posting Komentar

0 Komentar