Akibat Longsor, Rumah Seorang Lansia Di Sukabumi Terancam Ambruk -->

Adsense




Akibat Longsor, Rumah Seorang Lansia Di Sukabumi Terancam Ambruk

87 Online News
Jumat, 30 September 2016

SUKABUMI - Intensitas hujan yang cukup deras mengakibatkan satu rumah milik Ujum (60) di Kampung Pulosari RT 38/10, Desa Pulosari Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi terancam ambruk terbawa longsor.

Kepala Desa Pulosari, Eko A Pujiarto mengatakan, tebing yang ditempati rumah Bapak Ujum itu tergerus longsor yang terjadi sejak empat hari lalu. "Kejadiannya memagg saat hujan deras, dan tanah longsor sempat menutup akses jalan. Kondisinya memang saat ini terancam, akan tetapi paska kejadian warga sekitar langsung mengadakan kerjabakti untuk membersihkan material longsor dan membuat penyangga - penyangga dari bahan seadanya, agar longsoran tersebut tidak meluas," paparnya , Jumat (30/9).

Eko mengatakan, pihaknya sudah melaporkan kepada Kasi Kesos Kecamatan Kalapanunggal untuk ditembuskan kepada Dinas BPBD Kabupaten Sukabumi. Namun, hingga saat ini belum juga ada penangan atau bantuan tanggap darurat. Padahal, kondisi rumahnya saat ini sangat mengkhawatirkan dan terancam ambruk. "Untuk itu, korban kami  himbau untuk tidak menempati dahulu tempat tinggalnya karena dikhawatirkan membahayakan nyawa penghuninya," tegasnya.

Saat ini korban diungsikan di rumah saudaranya, karena jika dipaksakan menempati rumah tersebut juga tidak mungkin. "Kami berharap ada bantuan untuk merelokasi tempat tinggalnya, sementara lahan yang ditempati bapa Ujum beserta keluarganya sudah tidak mungkin berdiri bangunan diatasnya karena posisi rumah sekarang berada diujung tebing dan jalan satu-satunya pihak desa harus mencarikan tempat tinggalnya yang baru," kata Eko. Dia meminta kepada BPBD dan juga Dinsos untuk meninjau lokasi.

Sementara Ujum merasa was-was jika harus kembali kerumahnya. Dirinya berharap Pemkab Sukabumi merelokasi tempat tinggalnya. Menurut Ujum, tanah yang ditinggalinya saat ini adalah tanah milik desa atas kebijakan Kepala Desa Pulosari, ia diperbolehkan mendirikan  rumah di tempat itu. "Namun rumah saya saat ini terancam longsor, saya bingung pa harus pindah kemana," keluhnya. (Dede Rohmat)