Lestarikan Lingkungan Dan Sungai, Bupati Sukabumi Tebar 35 Ribu Benih Ikan -->

Adsense




Lestarikan Lingkungan Dan Sungai, Bupati Sukabumi Tebar 35 Ribu Benih Ikan

87 Online News
Sabtu, 10 September 2016


SUKABUMI - Dengan mengusung tema "Sukabumi lestari masyarakat sejahtera, lingkungan terjaga". Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersama Dandim 0622 dan Kapolres Sukabumi menebar benih ikan langka introduksi di sungai Citarik yang berlokasi di Desa Cijambe, Kecamatan Cikidang,  Kabupaten Sukabumi, Sabtu (10/09/216). 

Acara tebar benih tersebut di gagas oleh De Kukumul Sukabumi Fishing Community, P2MKP lingkar salak dan Kodim 0622. Dalam kegiatan itu, empat jenis ikan yang ditebar diantaranya, ikan nilem, ikan berem panon (ikan mata merah,red), ikan nila dan ikan sidat. Total ikan yang disebar sebanyak 35 ribu ekor.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sukabumi Marwan Hamami menuturkan, dalam rangka menciptakan Sukabumi yang lestari itu artinya bagaimana kondisi alam ini terintegrasi dengan kondisi masyarakat.
 
Masyarakat harus bisa memberikan satu perhatian terhadap lingkungan, agar kedepan masyarakat bisa terlibat  untuk turut memelihara penghijauan, kebersihan dan juga kondisi eksistensi dari sungai. "Hari ini kan ada program restoking menyebarkan benih ikan yang di liarkan, sehingga mereka tumbuh secara alami," tutur Marwan.

Marwan menjelaskan, ikan yang ditebar ini nanti kalau mereka berkembang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat akan tetapi, masyarakat  juga harus mencintai pada posisi pelestarian lingkungan. "Dengan cara melakukan pengambilan ikan itu tidak menggunakan setrum, tidak pake sangkalim dan tidak pakai racun yang dapat menyebabkan kerusakan, tetapi mengambil ikan itu dengan cara dipancing," tegasnya.

Marwan mengimbau, jika ikan sudah punya telur harusnya di release atau di kembang biakan reproduksinya terus berjalan secara alami. "Jadi, kalau melihat ikan yang ditangkap ini ada telurnya agar di lepas lagi. Karena potensi telur ini akan memperbanyak lagi," jelasnya.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0622, Letkol Kav Guruh Prabowo mengajak seluruh stake holder turut memonitoring dan menjaga serta mengawasi lingkungan terutama fungsi sungai. "Kelestarian sungai harus kita jaga sehingga potensi keberlansungan biota yang ada di dalamnya ini harus sama-sama disikapi oleh semua stake holder, terutama peran masyarakat. Jadi tidak bisa hanya kepentingan pemerintah saja, tetapi semua harus bisa memberikan kontribusi bagaimana kita peduli kepada lingkungan," ungkapnya.

Dia berpesan, agar masyarakat mengingatkan kepada pihak mana pun yang melanggar aturan hukum dengan cara merusak kelestarian lingkungan sekitar."Saya berpesan, agar di ingatkan kalau ada yang mau merusak lingkungan, kalau tidak bisa di ingatkan kita amankan dan bawa ke pihak kepolisian supaya di proses sebagaimana mestinya karena sudah merusak lingkungan. Dan, itu ada aturan hukumnya," tegas Dandim.(Dede Rohmat)