Puluhan Wartawan Datangi PN Cibinong

KAB.BOGOR - Untuk meminta ketegasan dari pengadilan atas insiden pemukulan terhadap wartawan oleh oknum preman saat melakukan peliputan sidang lanjutan kepala desa Tlajung Udik, kecamatan Gunung Putri, atas sengketa tanah beberapa waktu lalu.

Puluhan wartawan dari media online, elektronik dan cetak mendatangi kantor Pengadilan Negeri Kelas 1B Cibinong di Jalan Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, Senin 29/8. Puluhan wartawan yang hadir di PN Cibinong hanya bisa menunggu di depan kantor, namun belum ada dari pihak pengadilan yang berwenang berinisiatif menemui.

Menurut salah satu wartawan media online lokal yang tidak ingin di sebutkan identitasnya, pihak pengadilan harus berani menjamin kebebasan Pers dalam mencari berita di Kantor Pengadilan tersebut dengan berlandaskan UU Pers.

"Pengadilan sebagai tempat untuk mencari keadilan, seharusnya bisa memberikan rasa aman kepada wartawan dalam hal peliputan berita sesuai dengan kode etik jurnalis," ucapnya.

Lanjut menurutnya, bila Pengadilan bersikap dingin kepada wartawan dan tidak memberi rasa aman, "dimana hati nurani para jaksa dan hakim?" sambungnya.

Ia juga meminta agar kantor pengadilan bebas dari preman, terlebih saat suasana sidang berjalan dan dilakukan penambahan keamanan ekstra sehingga insiden kekerasan terhadap wartawan tidak terulang kembali.

"Kantor pengadilan jangan mau kalah dengan preman, namun bila terjadi berarti pengadilan kalah oleh preman yang tidak dilindungi oleh UU," pungkasnya. (RP)

Posting Komentar

0 Komentar