Ads Atas

header ads

Peringati HUT Koperasi Ke-69 Diskoperindag Kabupaten Sukabumi Selenggarakan Berbagai Kegiatan

SUKABUMI -  Dalam rangka memperingati HUT Koperasi Ke-69, Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Sukabumi menggelar acara jalan santai dan senam bersama. Bertempat di lapangan sepakbola Gumbira, Desa Nagrak Selatan, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Selasa (30/8/2016). 

Pada acara Peringatan Hari Koperasi ke-69 kali ini di rangkaikan dengan hari Keluarga Nasional ke-23 tingkat. Kabupaten Sukabumi yang di awali dengan pemukulan gong. Selain jalan santai dan senam bersama, serta stand-stand dari pelaku usaha UMKM dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Peringatan hari koperasi yang mengambil tema "Reformasi koperasi mewujudkan ekonomi berdikari". Juga diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya, Drumband oma-opa band yang beranggotakan para wanita dan pria berusia lanjut, hadir pula artis ibukota para pemain sinetron Preman Insyaf untuk menghibur para tamu undangan dan masyarakat yang hadir.

Hadir pada kesempatan tersebut Unsur Forkominda Kab Sukabumi, Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono, Kepala Diskoperindag Kabupaten Sukabumi, Sekretaris Daerah Kab Sukabumi  Drs. Iyos Somantri M.Si dan tamu undangan lainnya.

Kepala Diskoperindag Kabupaten Kabupaten Sukabumi, Drs Asep Jafar,"mengatakan bahwa tujuan dari resepsi peringatan hari Koperasi ini adalah sebagai motivasi dan inspirator untuk mewujudkan koperasi sebagai soko guru nasional. "Pemerintah berupaya membuat Koperasi dan UMKM Kabupaten Sukabumi menjadi pelaku penting dalam penciptaan pasar bagi produk unggulan di tingkat regional dan nasional", ungkapnya.

Asep menambahkan, bahwa untuk meningkatkan peran serta koperasi dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, koperasi perlu lebih membangun dirinya agar lebih kuat dan mandiri. Reformasi koperasi mewujudkan ekonomi berdikari, ada beberapa langkah untuk mencapainya yaitu merubah pola pikir koperasi dari fokus kuantitas menjadi kualitas, aktif mengembangkan usaha, melakukan penguatan kelembagaan, memperkuat akses pembiayaan, pengembangan orientasi usaha koperasi bukan hanya simpan pinjam, pemanfaatan IT dan mendorong pengembangan potensi lokal. "Koperasi dan UMKM bagaikan sisi uang logam, dimana keberadaan koperasi bisa memajukan UMKM terutama dalam hal pembiayaan", tambahnya.

Pada kesempatan yang sama di laksanakan pula penyerahan berbagai penghargaan baik tingkat nasional maupun tingkat kabupaten kepada mereka yang berprestasi baik di bidang Koperasi maupun bidang keluarga berencana, serta pemberian bantuan kepada kepada mereka yang kurang mampu. (DEDE/DICKY)

Posting Komentar

0 Komentar