Pengemudi Tidak Disiplin Sumbang Kemacetan Jalan Raya Puncak

BOGOR-Selain tingginya volume arus kendaraan, tidak disiplinnya para pengemudi juga menjadi biang kemacetan di Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Hal tersebut terlihat dari banyaknya para pengemudi kendaraan roda empat yang saling menyalip dan menggunakan lajur paling kiri yang seharusnya diperuntukan bagi kendaraan roda dua atau pejalan kaki, akibatnya ruas jalan tersebut mengalami kemacetan berlapis mulai dari simpang Vimala Hill hingga depan SPBU Cipayung. Kamis (4/8/16) pukul

"Banyak para sopir, mulai dari sopir angkot sampai sopir mobil pribadi saling terobos dan menggunakan jalur paling kiri," ujar salah seorang pengendara sepeda motor kepada wartawan disela-sela kemacetan di Tanjakan Selarong.

Menurutnya, akibat hal tersebut kerap kali membuat kemacetan yang berlapis. Terlebih para pengemudi tidak memperhatikan para pengendara roda dua yang juga mempunyai hak menggunakan jalan. "Akhirnya para pengendara roda dua terpaksa mengambil jalur kanan meski pun hal itu sangat beresiko dan tak jarang mengalami kecelakaan dengan kendaraan dari arah yang berlawanan,"tuturnya.

Lanjut dia menegaskan, seharusnya para sopir sadar akan pengguna jalan lain. "Kita ini kan sama-sama bayar pajak kendaraan dan punya hak untuk menggunakan jalan. Coba kalau mereka disiplin dan antri, kan gak bakalan macet sampai 3 lapis kaya gini,"ungkap pria yang mengaku warga Cibinong dengan nada kesal.

Karena itu, dirinya berharap kepada pihak terkait agar dapat mencarikan solusi dalam hal ini.  "Tindak tegas para pengemudi yang tidak mengindahkan peraturan yang berlaku tanpa pandang bulu atau dibuatkan jalur khusu bagi kendaraan roda dua seperti di daerah lain. Dan untuk para pengemudi, jangan hanya mementingkan diri sendiri karena masih banyak pengendara lain yang sama-sama punya hak,"tandasnya. (IB/SU)

Posting Komentar

0 Komentar