Ads Atas

header ads

LSM GMBI Tolak Keberadaan Pembangunan BTS

BOGOR - Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (LSM GMBI) menolak berdirinya Base Transceiver Station (BTS) yang berlokasi di kampung Gotong Royong RT 2/RW 06 Desa Cogrek, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor.

Koordinator Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) wilayah utara, Pana mengatakan keberadaan menara BTS tersebut nantinya di khawatirkan akan mengganggu kesehatan warga karena menimbulkan gelombang elektromagnetik pada radius tertentu.

"Seharusnya pembangunan tersebut berjarak 100 hingga 200 meter dari pemukiman warga, apalagi ini dekat sekolah. Jika terlalu dekat, itu sama saja membahayakan kesehatan bahkan nyawa manusia," ujarnya, Selasa (30/08/2016).

Menurutnya, pemilik lahan tidak hanya mengambil keuntungan sepihak namun merugikan hak hidup warga dengan mengijinkan berdirinya menara BTS.

"Sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat, saya tidak setuju dan menolak keras kalau radiusnya hanya beberapa meter dan membahayakan keselamatan,"tukasnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Desa Cogreg, Suherdi meminta kepada pihak-pihak yang tidak senang akan pembangunan menara agar datang langsung dan tidak main di belakang layar.

Menurutnya, terkait pembangunan menara BTS yang sedang berlangsung saat ini sudah tidak ada kendala dan kelengkapan adminitrasi sudah di lengkapi oleh pihak operator BTS kepada pihak lingkungan, seperti RT/RW dan perwakilan BPD setempat.

"Diantaranya lampiran surat persetujuan/izin warga berupa tanda tangan dan foto copy KTP warga sekitar. Termasuk surat pernyataan warga yang tidak keberatan adanya pendirian BTS itu,"papar Suherdi.

Lebih lanjut suherdi menjelaskan Sebagai pelayan masyarakat, aparatur Pemdes Cogreg meminta jika ada pihak yang keberatan terkait pendirian tower itu, agar mengajukan surat keberatan resmi melalui Pemdes Cogreg. "Tentu kami melayani semua pihak, baik investor atau warga, selama prosedur dan tata cara teknisnya benar dan sesuai aturan," pungkasnya. (Irfan)

Posting Komentar

0 Komentar