Ads Atas

header ads

Ledakan Hebat Terjadi Di Halaman Kantor BPBD Kabupaten Bogor

BOGOR - Ledakan hebat terjadi di halaman kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor yang terletak di Jalan Komplek Setu Cikaret, Cibinong, Bogor, Selasa (16/8/16) sekitar pukul 14.00 WIB.

 Dalam sekejap, kobaran api terlihat dari lokasi suara ledakan tersebut, sontak hal itu membuat seluruh pegawai dan warga sekitar berhamburan keluar. Sesaat kemudian, petugas tim reaksi cepat (TRC) dan petugas pemadam kebakaran segera menuju ke lokasi dan saling bahu membahu untuk memadamkan kobaran api.

Saat dimintai keterangan, Kepala seksi kesiap siagaan dan kebakaran BPBD Kabupaten Bogor, Budi Aksomo menuturkan, hal tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan perlombaan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-71 yang diselenggarakan BPBD Kabupaten Bogor.

"Lomba pemadaman api ini merupakan salah satu kegiatan lomba ketangkasan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-71 yang bertujuan untuk menguji ketangkasan serta kekompakan anggota TRC dan regu pemadam kebakaran,"tutur Budi Aksomo selaku koordinator perlombaan.

Menurutnya, berbagai kegiatan lomba ketangkasan yang terkait dengan penanggulangan bencana ini bertujuan agar ketika terjadi bencana petugas kami lebih siap dan lebih kompak dalam menangani berbagai bencana yang terjadi. "Untuk penilaian lomba pemadaman api ini, mulai dari teknis memasang dan menggulung selang, mengusung tandu untuk korban dan tehnik lain sesuai sop dilapangan," ungkapnya.

Selain perlombaan memadaman api, dihari yang sama BPBD juga menggelar perlombaan olahraga dayung yang di pusatkan di Setu Cikaret. "Perlombaan diikuti oleh peserta dari Tim Reaksi Cepat dan Regu pemadam kebakaran dari masing-masing kecamatan diantaranya Kecamatan Cibinong, Ciawi, Cileungsi, Leuwi Liang dan Parung. "Pesertanya ada 8 tim, 5 tim dari damkar dan 3 tim dari TRC,"tambah Budi.

Seiring hari ulang tahun kemerdekaan RI yang ke-71, Budi berberharap kedepannya baik tim reaksi cepat maupun damkar bisa lebih meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. "Selain itu, koordinasi BPBD dengan instansi terkait agar lebih ditingkatkan, sehingga ketika terjadi bencana semua sektor dapat berperan menangani korban bencana," pungkasya. (IB)

Posting Komentar

0 Komentar