Ads Atas

header ads

Pemdes Pamuruyan Benahi Infrastruktur Melalui Dana Desa

SUKABUMI- Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, mulai melakukan pembenahan pembangunan infrastruktur di semua sektor melalui Dana Desa (ADD).

"Sesuai Permendes 21 tahun 2015, prioritas pertama penggunaan dana desa yaitu untuk membangun infrastuktur antara lain jalan, MCK, irigasi, jembatan sederhana, dan talud. Bidang kesehatan dan pendidikan juga perlu diprioritaskan, diantaranya Posyandu dan PAUD,"tutur Ahmad Maulani Salahuddin, Kepala Desa Pamuruyan ketika ditemui diruang kerjanya.

Ahmad mengatakan, jika infrastruktur serta sarana dan prasarana desa sudah baik, maka dana desa dapat digunakan untukpemberdayaan masyarakat desa, seperti pengembangan Badan Usaha Miliki Desa (BUMDes), pembentukan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD), dan pengembangan kapasitas Ruang Belajar Masyarakat di Desa (Community Center). "Dalam realisasinya, masyarakat berhak menentukan secara mandiri penggunaan dana desa sesuai dengan musyawarah desa (Musdes) sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa,"jelasnya.

Ahmad menambahkan, untuk realisasi pembangunan tersebut pihaknya melibatkan semua unsur elemen masyarakat demi terciptanya transparasi penggunaan anggaran. "Selain petugas TPK, dalam pengerjaan pembangunan kami melibatkan RT, RW dan masyarakat untuk memantau langsung jalannya pembangunan di Desa Pamuruyan,"tambahnya.

Hal senada dikatakan Sekretaris Desa Pamuruyan Firman, realisasi penggunaan dana desa di fokuskan hampir di setiap wilayah ke RW-an diantaranya pembangunan rabat beton di RW 01, 07,08,09,10,12,  drainase di RW 06,07, renovasi pos yandu di  RW 11, pembuatan MCK di RW12,13 dan RW 04, TPT di RW 02 6x20m, lapangan voley yang merangkap lapangan futsal di RW 03 dan pipanisasi di RW 05. "Alhamdulillah, pelaksanaan berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan,"pungkas Sekdes.(Dede R)

Posting Komentar

0 Komentar