Ads Atas

header ads

WABUP BUKA ACARA MANASIK HAJI TINGKAT KABUPATEN SUKABUMI

Sukabumi-  Bertempat di komplek Pusbangdai , Kecamatan Cikembar kabupaten Sukabumi.Wakil Bupati Sukabumi  H. Adjo Sarjono membuka acara  Manasik Haji tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2016, kamis (14/07). Hadir pada kesempatan tersebut Camat Cikembar beserta jajarannya dan Tamu undangan lainnya.

Dalam  sambutannya Wabup Sukabumi Adjo Sarjono mengatakan,"Kegiatan Manasik Haji  sangat bermanfaat bagi calon jamaah haji ,yaitu untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan Syariat Islam serta proses perjalanan haji. Oleh karenanya, para calon jemaah harus  dapat menyiapkan diri dalam melaksanakan ibadah haji, baik persiapan fisik maupun mental, disamping juga pemahaman tentang tata cara pelaksanaan haji. Dengan demikian para jamaah calon haji dapat menunaikan ibadah sesuai ketentuan Syariat Islam dan dapat mengerjakan seluruh syarat dan rukun dengan sempurna.

Dikatakannya pula , para calon jemaah harus  mengikuti manasik haji ini dengan sungguh-sungguh sehingga nantinya jamaah dari Kabupaten Sukabumi  dapat menjadi teladan dimata internasional. Selain itu agar senantiasa memiliki kesadaran, tanggung-jawab, dan integritas, sebagai seorang muslim yang mampu memotivasi umat untuk senantiasa berpikir positif, saling mengingatkan dan menasehati, menghargai perbedaan dan toleransi, serta mengajak ber-amar ma'ruf nahi munkar. Karena manasik haji ini dilaksanakan dengan tujuan agar para jamaah nantinya lebih siap dan mandiri dalam melaksanakan Ibadah Haji dan memperoleh haji mabrur sepulang dari tanah suci. Nilai-nilai kemabruran haji berperan penting dalam meningkatkan kualitas iman, ilmu, dan amal saleh, baik secara individual maupun secara sosial.Kemabruran haji sesungguhnya berdimensi vertikal dan horizontal. Dimensi vertikal  ditandai dengan meningkatnya kesalehan personal, sementara  dimensi horizontal ditunjukkan dengan makin meningkatnya kesalehan sosial.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sukabumi  Drs. H Hilmy Riva'i M.Pd  dalam laporannya mengatakan bahwa untuk tahun ini jumlah calon jemaah yang akan berangkat berjumlah 1249  jemaah dan TPHD berjumah 2 orang sehingga total keseluruhan jemaah berjumlah 1251 orang, yang terdiri dari 574 orang jemaah laki-laki dan 677 orang jemaah perempuan . (Dede Rohmat)

Posting Komentar

0 Komentar