Sepanjang Libur Lebaran, 6 Wisatawan Terseret Ombak Pelabuhan Ratu

Sepanjang Libur Lebaran, 6 Wisatawan Terseret Ombak Pelabuhan Ratu

87 Online News
Sabtu, 09 Juli 2016
SUKABUMI - Siapa yang tak kenal pantai Pelabuhan Ratu yang terletak di wilayah Kabupaten Sukabumi. Dengan pemandangannya yang eksotis, pantai ini menjadi tempat tujuan wisata baik saat libur tahun baru mau pun saat libur Idul Fitri.

Namun kewaspadaan, oleh para wisatawan saat berwisata di tepi pantai ini juga harus diperhatikan. Seperti yang terjadi di pantai Istiqomah Pelabuhan Ratu, sabtu (9/7) pagi, tiga orang wisatawan asal Bekasi terseret ombak dan salah satunya hingga kini masih dalam pencarian.

Ketua SARDA Kabupaten Sukabumi, Okih Fajri memaparkan, ketiga wisatawan yang pada saat itu sedang mandi dilaut bersama 2 (dua) orang rekannya berjarak 100 meter dari bibir pantai. Pada saat berenang tiba-tiba korban terseret arus dan terbawa ke tengah laut. Sedangkan 2 (dua) orang rekan korban berhasil diselamatkan oleh anggota Life Guard Balawista

"Korban atas nama M Andiyan Kaspari (14) jenis kelamin laki-laki, warga Ciampela RT 05/03 Desa Sirnajaya, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi terseret arus dan belum ditemukan. Dua rekannya yang juga terbawa ombak, yakni Dede (13) dan Inta (14) berhasil diselamatkan oleh anggota life guard Balawista sekitar pukul 12.00 wib dalam keadaan selamat. Untuk korban yang belum ditemukan, yakni mempunyai ciri-ciri rambut pendek ikal, celana renang pendek plat merah, baju hijau gambar sepeda Jakarta," Papar Okih Fajri melalui keterangan tertulis yang disampaikan kepada redaksi, Sabtu (9/7/2016).

Okih juga mengungkapkan, sebelumnya, Kamis (7/7/2016) peristiwa yang sama terjadi di Pantai Karang Pakpak, tepatnya di belakang Polsek Cisolok. 3 orang terseret ombak diantaranya, Muhamad Isran (8), Restu (10), dan Falah (12). ketiganya merupakan warga Kampung Cimaja Girang, RT 01/04, Desa Ciumaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. "Korban bernama Muhamad Isran ditemukan sudah tidak bernyawa, sementara dua orang temannya yakni, Restu dan Falah ditemukan dalam keadaan saelamat,"ungkap Pria yang akrab dengan sapaan Okih Oskar Kilo.

Sebelumnya, tambah Okih, Pihaknya juga telah berhasil menemukan pria yang tenggelam di Muara Cikaso, tegal Buleud. "Korban laka Muara Cikaso, Tegal Buled sudah ditemukan hari ini (sabtu,9/7/2016,Red) pada Pukul 07.00 WIB, diwilayah Ciroyom, Kecamatan cibitung, sekitar 7 KM dari tempat kejadian,"terangnya.
 
Untuk mencegah terjadinya hal yang serupa, pihaknya terus berupaya meningkatkan pengamanan. Bahkan, tindakan tegas pun kerap dilakukan untuk antisipasi adanya wisatawan yang menjadi korban kecelakaan laut.

Namun, dengan membeludaknya wisatawan pihaknya cukup kewalahan karena jumlah petugas gabungan ditambah relawan yang menjaga pantai tidak sebanding dengan jumlah wisatawan yang memadati seluruh objek wisata laut ini.

"Antisipasi terus kami lakukan bahkan imbauan pun disosialisasikan sesering mungkin agar wisatawan patuh dan menaati rambu saat berwisata di laut. Kami menghimbau, agar wisatawan tidak memaksakan mandi di laut hingga ke tengah. Karena cuaca angin dan arus ombak tidak menentu.(Team Redaksi)