Jajaran Polres Sukabumi Amankan Belasan Oknum Pungli di Pelabuhan Ratu

SUKABUMI - Sebanyak 19 orang oknum pelaku Pungli (pungutan liar) yang meresahkan pengunjung di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat diamankan petugas kepolisian Polres Sukabumi, Jumat (8/7/2016).
 
"Pelaku kerap memaksa wisatawan memberikan uang atas 'jasa' cuci kendaraan. Kita lakukan penyisiran dan akhirnya kita berhasil tangkap tangan belasan pelaku dan satu orang koordinatornya," Kata Kapolres Sukabumi, AKBP Mokhamad Ngajib.
 
Lebih lanjut, Kapolres mengatakan, mereka kerap mencuci kendaraan milik pengunjung areal wisata tanpa izin. "Pengunjung dibebankan membayarkan uang antara Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu untuk setiap kendaraan yang dicuci," ungkapnya.

Menurutnya, modus yang dilakukan para pelaku tersebut membuat kenyamanan pengunjung terganggu. Apalagi para pelaku pernah menahan kendaraan wisatawan karena menolak membayar uang 'jasa' cuci kendaraan.

"Mereka baru dua hari beroperasi dan sudah memperoleh keuntungan lumayan. Dalam satu hari per orang bisa mendapat tiga mobil, dikalikan Rp 15 ribu bisa mendapat Rp 45 ribu dikalikan 18 orang. Itu baru di satu titik saja, kita juga bubarkan pelaku yang sama di beberapa tempat lainnya," tutur Ngajib.

Para pelaku biasanya beraksi di kawasan pemandian air panas Cisolok, Pantai Karang Hawu dan Pantai Cimaja. Selain modus cuci kendaraan, para pelaku kerap memalak pengunjung untuk membayar parkir dengan harga mahal.

"Ini jelas mengganggu kenyamanan para wisatawan, makanya kita ambil tindakan tegas. Apabila terbukti ada unsur lain kita akan jerat dengan undang-undang yang berlaku,"tegasnya.

Kapolres Mengimbau agar masyarakat jangan merasa takut, jika ada pola-pola semacam ini bisa langsung melapor ke petugas,"tegas Ngajib. (DD)

Posting Komentar

0 Komentar