Ads Atas

header ads

80 Persen Akses Jalan Desa Munjul Butuh Perbaikan

SUKABUMI - Peningkatan infrastruktur dibidang pelayanan akses jalan di Desa Munjul, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, menjadi salah satu impian utama bagi masyarakat setempat. Pasalnya, dari panjang jalan desa  22 Kilo meter (km) itu, 80% masih berbatu, bahkan ada juga yang masih tanah.

Pihak Pemerintah Desa  mengaku sangat kesulitan untuk memperbaiki jalan desa tersebut. Dikarenakan anggaran jalan desa sangat terbatas. Bahkan untuk tahun 2016 ini tidak ada alokasi anggaran dari Pemerintah Daerah yang bisa digiring untuk memecahkan permasalahan ini, tutur Kepala Desa Munjul, Eman Sulaeman saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (19/7). 

Eman menjelaskan,"untuk tahun 2016  tidak ada bantuan anggaran dari Pemda untuk jalan desa. Dan yang namanya bantuan aspirasi juga sekarang sudah tidak ada Karena semua anggaran untuk perbaikan infrastruktur di titik beratkan dari dana ADD," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Eman, dari panjang jalan desa 22 km itu terdiri dari, jalan yang masih tanah 2 km, tanah yang sudah dipasang batu 15 km dan 1 Km jalan rusak. Sedangkan luas wilayah Desa Munjul ini 148,5 hektare. Jika dipresentasikan sekitar 80% jalan desa ini memerlukan perbaikan.Sementara untuk perbaikan anggaran hanya mengandalkan Anggaran Dana Desa (ADD) saja.

Meskipun sudah ada upaya perbaikan, akan tetapi dikarenakan kebutuhan perbaikan jalan ini membutuhkan anggaran yang cukup tinggi, sehingga pihaknya kesulitan untuk cepat merealisasikan harapan masyarakat. "Di Desa Munjul ini tidak ada jalan Kabupaten, jadi seluruh akses yang ada merupakan jalan desa," tambahnya.

Salah seorang warga Desa Munjul, Agus (35) mengharapkan agar segera ada perbaikan dan pembangunan jalan yang layak. Sehingga masyarakat bisa merasakan berbagai peningkatan kesejahteraan,harapnya. (Dede R)

Posting Komentar

1 Komentar