UPDATE

header ads

Pemdes Sirna Galih Pertanyakan Batuan RTLH Provinsi Jabar

BOGOR - Pemerintah Desa (Pemdes) Sirnagalih, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor, Jawa Baratmempertanyakan bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Provinsi hingga saat ini belum terealisasi. Padahal program tersebut bergulir sejak tahun 2015, tetapi sudah memasuki tahun anggaran 2016, bantuan tersebut belum juga cair.

Seperti yang dituturkan Kepala Desa (Kades) Sirnagalih, A Suparta. Kendati pihaknya telah mengikuti Bimtek yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (pemprov) Jawa Barat beberapa waktu lalu, tetapi pada saat penyalurannya, Desa Sirnagalih menurut informasi yang didapat dari Pemkab Bogor melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bogor untuk tahun 2015 Desa Sirnagalih tidak mendapatkan bantuan tersebut.

"Saya juga tidak mengetahui alasan jelasnya, tetapi pada saat itu pernah di ikut sertakan dalam Bintek yang di selenggarakan oleh Pemprov Jabar. Padahal jumlah RTLH disini sebanyak 174 unit dan baru terealisasi pada tahun 2013 dan 2014 sebanyak 50 unit,"tutur Kades yang memimpin wilayah dengan luas 171.78 hektar ini dengan jumlah penduduk 12.846 tersebar di 12 RW dan 52 RT. 

Mengenai RTLH ini lanjutnya, dahulu pernah dikumpulkan di Kodim dan dari situ mendapatkan informasi bahwa sistim pengelolaan RTL bantaun provinsi Jawa Barat dilaksanakan oleh TNI, akan tetapi hingga saat ini tidak ada realisasi yang turun ke desa."Saya dapat informasi dari BPMPD bahwa masalah itu sedang dalam proses dan ditindak lanjuti, namun hingga saat ini tidak ada informasi lanjutan,"imbuhnya.

Dia juga menjelaskan, Sesuai dengan amat undang-undang nomor 6 tentang desa, seluruh anggaran yang mengalir ke desa baik dari pemerintah pusat melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) maupun bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi dan Kabupaten harus diperuntukan bagi pembangunan desa, perbaikan sarana dan prasarana desa serta pemberdayaan masyarakat desa di segala sektor. 

Mengacu pada hal tersebut diatas, Pemerintah Desa Sirnagalih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor dalam menyalurkan Dana Desa yang bersunber dari APBN yang diterima pada tahun 2015 dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur jalan setapak, Jembatan dan jalan lingkungan. Namun tidak dijelaskan lokasi yang diperuntukan pembangunan tersebut.

"Kita melaksanakan pembangunan sesuai amat Undang-undang Nomor 6 Tahun 2015 Tentang Desa, sementara untuk Alokasi Dana Desa (ADD) yang diterima bersember dari APBD Kabupaten Bogor dipergunakan belanja desa, honor aparatur desa, guru ngaji, posyandu dan lain sebagainya,"ungkap Suparta saat di temui 87onlinenews.com di kantornya, Jum'at (22/01). 

Dia juga menjelaskan bahwa anggaran yang bersumber dari APBD provinsi Jawa Barat yang diterimanya dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur jalan desa dan irigasi.

Posting Komentar