UPDATE

header ads

Pedagang Daging Sapi Di Pasar Cibadak Lakukan Aksi Mogok Berjualan

SUKABUMI - Tingginya harga jual daging diwilayah Kabupaten Sukabumi sejak satu bulan lalu membuat para pedagang daging sapi di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Sukabumi melakukan aksi mogok. Mereka (Para pedagang, Red) mensinyalir melonjaknya harga daging sapi tersebut merupakan permainan para spekulan dan importir.

Salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Cibadak, Hedi mengatakan, ia bersama pedagang lainnya terpaksa mogok berjualan karena harga daging sapi terus merangkak naik hingga Rp120 ribu per kilo gram, padahal biasanya harga per kilo gram daging sapi maksimal mencapai Rp 100 ribu.

"Kita beli dari bandarnya sudah mahal, jual juga pasti mahal. Untuk menjelaskan kepada pembeli kan susah. Sudah barangnya susah harganya juga tinggi, kayaknya seolah-olah sapinya ditahan, jadi stoknya kurang,"ujar Hedi, saat ditemui di Pasar Tradisional Cibadak, Senin (18/1/16).

Menurut Ketua Asosiasi Pengusaha Daging dan Sapi Potong Indonesia (Apdasi) Pasar Cibadak, H. Yusuf mengatakan, seharusnya pemerintah melalui Kementerian Pertanian mengkaji ulang kebijakan tentang naiknya harga daging sapi saat ini.

"Ya tuntutannya memang harga itu kalau di Bulog atau di Kementerian Pertanian harus ada harga eceran tertinggi (HET). Jadi nanti diurutkan, dan harga sapinya harus dihitungnya berapa,"ujarnya.

Menurutnya, para pedagang sapi banyak yang mengeluh karena setiap pemotongan sapi selalu nombok, dan dengan adanya isu mengenai diterapkannya PPN sebesar 10 persen terhadap daging sapi dirasakan sangat memberatkan para pedagang daging sapi."Ini tidak masuk diakal, harapan kami dengan aksi ini, dengan perjuangan ini, bisa mengembalikan lagi ke harga normal seperti biasanya,"ungkap Yusuf.

Aksi mogok ini rencananya akan berlangsung hingga hari Rabu 20 Januari 2016 mendatang."Meski pesimisitis harga daging sapi tidak akan turun secara drastis ke harga semula, para pedagang tetap mendesak pemerintah agar mencari solusi yang tepat mengenai ketersediaan dan kestabilan harga daging sapi saat ini,"pungkasnya. (Syamsul Rizal)

Posting Komentar