UPDATE

header ads

Dana Desa Berbeda, Kepala Desa Jangan Cemburu

BOGOR - Pemerintah pusat telah mengalokasikan bantuan dana desa untuk 7.809 desa di Jawa Tengah pada 2015. Besaran bantuan mencapai Rp2,2 triliun, dengan rata-rata setiap desa menerima Rp200 juta hingga Rp400 juta. 

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta para perangkat desa tidak cemburu terhadap perbedaan dana desa yang didapat. Lantaran perbedaan kebutuhan setiap desa.

"Tingkat kebutuhan anggaran untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa beragam atau tidak sama antara desa satu dengan lainnya sehingga tidak boleh ada cemburu atau iri," kata Ganjar, Rabu (20/1/2016).

Ganjar mengatakan, kecemburuan antar perangkat desa akibat perbedaan dana desa justru menghambat pembangunan desa dan merugikan masyarakat. 

Selanjutnya, pencairan dana desa dibagi menjadi tiga tahap. Sebagian besar pemanfaatannya untuk infrastruktur, dan sebagian lagi untuk masyarakat yang sudah mengembangkan pemberdayaan ekonomi.

Ganjar mengingatkan perangkat desa, untuk menyusun perencanaan pembangunan dan penggunaan dana desa secara baik, benar, dan transparan. 

Tahap perencanaan menjadi hal penting dalam penggunaan dana desa, untuk menghindari permasalahan hukum yang bisa menjerat perangkat desa. (Pur)

Posting Komentar