Breaking News

Ratusan Buruh Sambangi Gedung KPK

JAKARTA - Ratusan buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Indonesia sambangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi yang terletak di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (10/8/2015). Mereka mendesak pimpinan KPK segera mengusut kasus dugaan suap dalam proses hukum terhadap tiga buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia yang dilakukan oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.

Seperti diketahui sebelumnya, tiga buruh anggota Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia dipidanakan oleh manajemen perusahaan yang berdomisili di Purwakarta, Jawa Barat itu, lantaran dianggap merusak aset perusahaan dalam salah satu aksi.

"Ini sungguh sangat aneh, orang mencari keadilan malah diadili. Ada indikasi korupsi dalam proses persidangan terhadap ketiga buruh tersebut," kata Presiden KSPI Said Iqbal di depan gedung KPK.

Said menduga dalam proses hukum beraroma suap terhadap oknum Polres Purwakarta.

"Untuk itu, kami mendesak KPK untuk membongkar dugaan suap korupsi yang dilakukan oleh Manajemen PT. Indofood CBP Sukses Makmur kepada oknum pejabat Polres Purwakarta," jelasnya.

Selain itu, kata dia, KSPI juga akan mendesak Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri untuk meminta perusahaan menjunjung tinggi keselamatan para pekerja.

Pada kesempatan itu, mereka mendesak polisi menindak pengusaha PT. Mandom Indonesia karena kebakaran di pabrik menewaskan 25 buruh serta sebagian besar buruh lagi luka bakar.

"Kami mendesak pihak kepolisian untuk menangkap dan memenjarakan pengusaha PT. Mandom Indonesia yang telah menyebabkan meninggalnya 25 pekerja dan 32 pekerja lainnya luka berat pada kasus kebakaran. Buka juga hasil lab forensik kasus kebakaran tersebut," tandasnya.

Reporter : Ibra Hermawan